Rabu, 20 November 2013

Forum Peduli SDA Papua Tolak ConocoPhilips Masuk di Papua




Yogyakarta, MAJALAH SELANGKAH -- Forum Peduli Sumber Daya Alam Tanah Papua  dengan tegas  menyatakan menolak Perusahaan ConocoPhilips masuk di tanah Papua. Dalam siaran untuk pers yang dikeluarkan di Yogyakarta, 31 Agustus 2013, Forum Peduli SDA Tanah Papua ini menjelaskan beberapa dampak yang telah, sedang, dan yang akan  timbul dari hasil masuk dan beroperasinya perusahaan-perusahaan raksasa di seantero tanah air Papua.
Bila ConocoPhilips masuk, kata mereka, akan semakin memperparah potret penyakit social dan kerusakan alam akibat beroperasinya perusahaan yang umumnya mencari untung sendiri, tanpa peduli dengan lingkungan dan masyarakat pribumi  Papua. 

ConocoPhilips bersama perusahaan lainnya di Papua, kata mereka, hanya akan membuat  kerusakan lahan bekas tambang; Merusak lahan perkebunan dan pertanian; Membuka kawasan hutan menjadi kawasan pertambangan sehingga mempersempit lahan meramu dan berburu rakyat  Papua; Dalam jangka panjang, pertambangan adalah penyumbang terbesar lahan sangat kritis yang susah dikembalikan lagi sesuai fungsi awalnya.

Beberapa dampak kehadiran aktivitas pertambangan di tanah Papua, kata forum ini adalah, Pencemaran, baik tanah, air maupun udara. Misalnya debu, gas beracun, bunyi dll; Kerusakan tambak dan terumbu karang di pesisir; Banjir, longsor, lenyapnya sebagian keanekaragaman hayati; Air tambang yang asam yang beracun yang jika dialirkan ke sungai yang akhirnya ke laut akan merusak ekosistem dan  sumber daya pesisir dan laut; Menyebabkan berbagai penyakit dan mengganggu kesehatan; Sarana dan prasarana seperti jalan dll.

 Rusak berat; Migrasi (bekerja di Perusahaan, mendirikan Usaha di wilayah pertambangan). 

Juga, kata mereka, termasuk berkembangnnya penyakit sosial (tempat Lokalisasi, Miras, Judi, Biliar, dsb); Konflik lahan hingga pergeseran sosial-budaya masyarakat; Sumber-sumber makanan, seperti tempat berkebun tercemar atau rusak sehingga gagal panen, dsb, adalah beberapa dari kompleksnya persoalan yang diderita dan dirasakan pada umumnya oleh rakyat Papua.


Sekilas  ConocoPhilips

ConocoPhillips, menurut data yang dihimpun Forum Peduli SDA Tanah Papua, adalah perusahaan energi terintegrasi ketiga terbesar di Amerika Serikat setelah Exxon dan Shell. Berdasarkan kapitalisasi pasar dan cadangan, ia beroperasi dalam bidang  minyak dan gas. ConocoPhilips adalah  pengilang terbesar kedua di Amerika Serikat. 

ConocoPhillips mempunyai cadangan  terbesar kelima di dunia, dan berdasarkan kapasitas minyak mentah adalah pengilang terbesar keempat di dunia. ConocoPhillips terkenal di seluruh dunia dengan keahlian teknologi di  bidang eksplorasi dan produksi di laut dalam, eksploitasi dan manajemen reservoir, teknologi seismik 3-D, petroleum coke upgrading kelas tinggi dan sulfur removal.

Beroperasi pada lebih dari 40 negara, perusahaan ini mempunyai sekitar 38.300 karyawan di seluruh dunia dan aset bernilai USD 164 Miliar Dollar AS. Perusahaan ini mempunyai 4 aktivitas utama di seluruh dunia: Eksplorasi dan produksi minyak bumi; Pengilangan, pemasaran, suplai dan transportasi minyak bumi; Pengumpulan, pengolahan dan pemasaran gas alam; Produksi dan distribusi bahan kimia dan plastik. (MS)


Sumber: Majalahselangkah

0 komentar:

Posting Komentar